Manfaat Akupuntur Untuk Kesehatan

45 Manfaat Akupuntur Untuk KesehatanManfaat Akupuntur Untuk Kesehatan sudah terbukti sejak lama, dimana teknik kesehatan ini berasal dari negara tirai bambu Cina untuk kesehatan. Akupuntur merupakan teknik terapi yang pertama di lakukan di negeri Cina, dimana teknik ini di percaya dapat memperlancar aliran energi Qi yang terhambat.

Aliran Qi yang terhambat tersebut di percaya akan menyebabkan sebuah penyakit. Dan teknik kesehatan akupuntur ini di lakukan dengan cara menusukan jarum pada titik khusus yang mampu memperlancar aliran energi Qi tersebut, dan juga di gunakan sebagai pereda sakit dan mengobati penyakit.

Baca juga aritkel kami lainnya tentang Pengobatan Alternatif Efektif Akupunktur

Manfaat Akupuntur Untuk Menjaga Kesehatan

Hubungan Antara Titik Tusuk jarum dan Kesehatan

Pada dasarnya, Tusuk jarum dilakukan untuk menyeimbangkan energi. Tubuh mempunyai jalur energi yg dikenal dengan sebutan meridian. Saat sang ahli menusukkan jarum pada titik khusus menggunakan teknik kesehatan akupuntur dalam tubuh pasien yang di tentukank oleh jalur meridian, aliran energi di dalam tubuh akan secara perlahan akan kembali seimbang.

Teknik Tusuk jarum ini telah di akui oleh medis modern yang dapat merangsang saraf, otot, dan juga jaringan-jaringan lainnya. Rangsangan tersebut di yakini dapat membuat zat untuk menghilangkan rasa sakit dalam tubuh menjadi lebih baik.

Peran treatment Tusuk jarum  dalam Penyakit Tertentu

Saat ingin melakukan treatment tusuk jarum, kalian harus memastikan jarum yang di pakai telah bersih dari kuman dan bakteri, dan hanya di gunakan sekali pakai saja. Hal ini penting untuk menghindari risiko infeksi, misalnya hepatitis, akibat pemakaian jarum yg tidak steril.

Berikut adalah beberapa Manfaat Akupuntur Untuk Kesehatan untuk kesehatan:

1. Mengatasi migrain dan sakit kepala

Treatment Tusuk jarum ini harus di lakukan pada titik khusus yang berguna untuk merangsang saraf yang berfungsi dalam melepaskan hormon tertentu seperti endorfin. Hormon tersebut merupakan hormon yang dapat mengurangi rasa nyeri dan membantu mengurangi sakit kepala.

2. Mengurangi nyeri punggung bawah

pengobatan Aku puntur memperlihatkan hasil yang baik untuk memngobati masalah punggung dalam kegiatan setiap harinya.  hal tersebut terjadi akibat hormon endorfin yang keluar akibat tusukan jamun dapat membantu mengurangi sakit yang terjadi pada punggung pada bagian bawah, sehingga hal ini membuat penderitanya menjadi lebih mudah dalam melakukan aktivitas.

3. menghilangkan radang sendi

Penyakit seperti radang sendi biasanya terjadi di bagian lutut, dan dapat di obati dengan menggunakan akupuntur. Bila artritis pada lutut masih ringan atau sedang, Tusuk jarum bisa membuat kondisi ini membaik. Dan apabila kondisi ini lebih berat, maka harus di gabungkan dengan obat nyeri dan juga fisioterapi.

4. Memperlambat penuaan kulit

Treatment Tusuk jarum dikatakan bisa memperlambat penuaan dengan memperbaiki elastisitas wajah.Pengobatan tersebut biasa di sebut dengan Tusuk jarum Kosmetik dengan cara menusukkan jarum tersebut di beberapa tempat pada bagian wajah. Walaupun seperti itu, tingkat efektivitas dari terapi akupuntur dalam hal kecantikan masih perlu di periksa lebih mendalam.

5. menolong mengatasi obesitas

Menurut research mengatakan bahwa dengan melakukan akupuntru dapat membantu menambah metabolisme, lalu mengurnangi stres, dan mengurnagi nafsu makan, yang dapat membantu kalian untuk menurunkan berat bnadan. Akan tetapi untuk menghindari obesitas menggunakan tusuk jarum yang di butuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

6. Mempercepat pemulihan pasien stroke

Tusuk jarum bisa dilakukan sebagai pengobatan tambahan untuk penderita stroke. Penelitian mengatakan bahwa para penderita strok yang melakukan akupuntur akan dapat menggerakan bagain tubuhnya secara perlahan dan lebih baik jika di bandingkan dengan penderita yang tidak melakukan akupuntur.

Tidak hanya itu, untuk terapi tusu jarum ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang di sebabkan oleh stroke. Menurut penelitan laininya, di laporkan bahwa pengobatan tusuk jarum yang di gabungkan dengan fisioterapi akan memberikan manfaat yang lebih baik setelah melakukan pengobatan pascastroke.

treatment Tusuk jarum memang mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Sudah banyak juga penelitian yang membuktikan tingkat efektifitas dari akupuntur dan dapat juga di gunakan oleh ibu hamil. Pengobatan akupuntur bahkan dinilai aman untuk ibu hamil. Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba pengobatan ini.

Cara kerja akupuntur di tubuh

Secara tradisional, akupuntur dipercaya bisa menolong melancarkan aliran energi di tubuh. Energi baik ini, disebut dengan Qi. Para ahli akupuntur tradisional meyakini apabila aliran energi Qi tidak lancar, maka tubuh akan lebih mudah mengalami penyakit. Secara ilmiah, teknik tusuk jarum ini dapat menyembuhkan penyakit yang di tusuk pada bagian tertentu di tubuh bisa menstimulasi saraf sensorik yg terdapat di bawah kulit dan otot.

Ketika saraf sensorik ini terstimulasi, maka tubuh akan memproduksi hormon alami yg dapat menghilangkan rasa sakit, seperti endorfin. Zat tersebut membuat pengobatan ini mampu menghilangkan maupun meredakan rasa sakit.

Manfaat akupuntur untuk sembuhkan penyakit

Akupuntur dipercaya dapat menolong menyembuhkan berbagai penyakit dan kondisi, seperti:

1. Nyeri haid

Research secara ilmiah mengenai Manfaat Akupuntur Untuk Kesehatan yg dapat menolong menghilangkan nyeri haid memang masih terbatas. Namun, bagi wanita yg merasa sangat kesakitan saat datang bulan (dysmenorhea), akupuntur bisa menolong mengurangi nyeri akibat kram menstruasi.

2. Kesuburan

Akupuntur dianggap baik untuk kesuburan, karena bisa menolong menghilangkan gangguan kecemasan serta stres yg timbul, pada wanita yg sedang menjalani treatment untuk kesuburannya.Selain itu, akupuntur juga dapat melancarkan aliran darah ke rahim atau uterus. Apabila aliran darah lancar pada bagian uterus, maka pembuatan sel telur juga dapat bekerja secara optimal.

3. Efek samping treatment kanker

Kemoterapi bisa menimbulkan efek samping bagi pasien yg menjalaninya, seperti mual dan muntah. Pengobatan tusuk jarum ini dapat meredakan kedua hal tersebut. Dan tidak akan mengherankan apabila pengobatan ini di manfaatkan sebagai pengobatan pendamping untuk pasien kanker.

Akan tetapi tingkat kesterilan akupuntur untuk para pasien kaner wajib  terjaga dengan baik. Cara yang di lakukan juga tidak boleh sembarangan, karena sistem kekebalan tubuh pada pasien yang mengidap kanker dan menjalani kanker tidak dapat bekerja dengan optimal.

4. Cedera lutut

SEbuah penelitian yang ada di AS melaporkan bahwa pasien yang telah melakukan operasi di bagian lutut, akan mengurangi porsi obat painkiller setelah melakukan treatment akupuntur. Treatment tersebut juga dapat membantu menghilangkan nyeri kronis di lutut akibat peradangan pada sendi (osteoartritis), dalam jangka pendek.Hingga saat ini, memang belum ada Research yg bisa membuktikan akupuntur sebagai metode penyembuhan segala penyakit. Meski begitu, tidak ada salahnya Anda memilih akupuntur sebagai salah satu metode treatment, oleh dokter yg tepat.

5. Sakit kepala

Akupuntur dinilai efektif untuk menghilangkan beberapa jenis sakit kepala, seperti sakit kepala tegang dan sakit kepala sebelah atau migraine. Selain mengurangi rasa sakit di kepala, treatment ini juga akan mengurangi frekuensi kemunculan dan tingkat keparahannya.

6. Sakit leher

Sakit maupun nyeri yang terjadi pada bagian leher biasanya terjadi pada lansia, akan tetapi ada juga anak muda yang mengalami sakit leher karena duduk di depan komputer dalam waktu lama. Dengan melakukan akupuntur, kondisi ini dinilai dapat mereda cukup signifikan.

7. Sakit pinggang bagian belakang

Sakit pinggang bagian belakang alias low back pain juga bisa berkurang apabila Anda menjalani treatment akupuntur.Menurut research, melaporkan bahwa dalam proses treatment biasa untuk kondisi tersebut akan efektif untuk mengobatinya, akan tetapi hasil dan juga kegunaan akan lebih optimal jika di gabungkan akupuntur. Dan itulah beberapa Manfaat Akupuntur Untuk Kesehatan.