Sehat Dan Tidak Tergantung Junk Food

Sehat Dan Tidak Tergantung Junk Food

Mau Sehat Dan Tidak Tergantung Dengan Junk Food Inilah Tipsnya

Apa Anda berasa bila ketagihan makanan mau sehat atau tidak dengan junk food? Khususnya makanan junkfood yang dapat menghancurkan kesehatan.

Atau bahkan juga Anda tidak dapat hentikan rutinitas makan di saat yang keliru, seperti malam hari yang dipercayai dapat membuat metabolisme terusik serta membuat badan cepat menggemuk.

Baca Juga: Rambut Cantik, Kulit Indah Menawan

Siapa ngomong Anda tidak dapat hentikan diri dari konsumsi makanan yang pas dan pada saat yang pas? Kecuali olahraga memainkan peranan penting dalam meratakan konsumsi makanan Anda, Anda dapat melakukan dengan mensugesti diri Anda sendiri mau sehat atau tidak dan tergantung dengan makanan junk food yang di konsumsi.

Menanyakan dalam diri sendiri

Pertama kali, pahami kenapa mereka berlangsung. Ketagihan makanan dapat muncul sebab beberapa fakta seperti kandungan gula yang rendah, minimnya gizi penting dan perombakan hormonal. Mengenali ini akan menolong Anda menangani apa yang memacu itu.

Singkirkan makanan di seputar

Sama ini kita betul-betul bermakna junk food yang terkapar di dapur. Jadi, cara ke-2 untuk memperoleh tempat singkirkan wafer berminyak, donat, biskuit manis, es cream dan banyak.

Masih tenang dan cukup tidur

Saat Anda depresi atau kurang tidur, depresi hormon kortisol dilepaskan, yang pada gilirannya memacu selera makan.

Tentukan camilan sehat

Ngemil makanan yang lebih sehat dipandang seperti jalan keluar yang bagus untuk rutinitas makan yang keliru. Saat Anda kerap makan, gula darah tidak terpacu naik, dan ini akan kurangi peluang ketagihan makanan.

Tidak bisa dipungkiri jika junk food adalah salah satunya makanan paling sedap. Ditambahkan, harga yang murah membuat makanan ini gampang dicapai oleh siapa saja.

Banyak makanan cepat sajian yang dibikin plus tambahan gula, garam, lemak, dan bahan kimia yang lain direncanakan untuk bikin customer terus inginkan makanan itu. Walau sebenarnya, dibalik rasa-rasanya yang sedap, junk food atau fast food memberi imbas yang jelek untuk badan.

Jeleknya bahan, tingginya kalori, dan rendahnya gizi dalam junk food jadi fakta kenapa junk food dapat memacu bermacam penyakit. Karena itu, konsumsi junk food harus terbatasi seminimal kemungkinan.

Nah, buat kamu yang terlanjur ketagihan junk food, ada kok beberapa panduan yang dapat kamu kerjakan untuk hentikan ketagihan ini. Baca penuturannya di bawah ini!

Buat gagasan di depan

Langkah pertama yang harus kamu aplikasikan untuk menangani ketagihan junk food ialah berencana makanan dan cemilan awalnya. Bila kamu mempunyai makanan sehat dan cemilan yang siap buat kamu cicipi waktu kamu lapar, kamu tidak punyai fakta untuk ke restaurant cepat sajian.

Dalam kata lain, kamu akan kurangi “reaktivitas kode makanan”. Menurut riset pada jurnal Physiology dan Behavior, berikut yang oleh beberapa periset disebutkan liabilitas untuk dikuasai oleh berbau makanan, iklan, dan pembicaraan di sekitarmu mengenai makanan.

Coba berencana menu makan sehat untuk 1 minggu pada akhir minggu, terhitung cemilan sehat untuk satu minggu penuh. Selanjutnya, berbelanja bahan apa saja yang kamu perlukan. Lantas, pisah bahan apa yang dapat kamu buat jadi cemilan dan membawa ke mana juga dan bahan yang penting diolah lebih dulu.

Jauhi junk food dari penglihatan

Alihkan makanan lebih jauh, hingga kamu cuman akan mengkonsumsinya jika memang sungguh inginkannya, bukanlah sebab makanan itu berada di dekatmu lalu kamu mengkonsumsinya setiap saat menyaksikannya.

Riset yang diedarkan di jurnal PLOS One mendapati jika orang lebih condong ngemil anggur, keripik, dan cokelat yang ditempatkan sejajar dengan lengan dibanding saat ditempatkan pada jarak 6 mtr.. Karena itu, yakinkan kamu menghindari semua tipe junk food dari penglihatanmu supaya tidak tertarik untuk mengkonsumsinya setiap waktu.

Pikir mengenai junk food secara berlainan

Satu studi dalam jurnal Appetite memperlihatkan jika saat orang dilatih untuk menyaksikan dan menerjemahkan salah satunya makanan cepat sajian yang paling mereka idam-idamkan secara negatif, kemauan karena itu menyusut. Dalam studi itu, peserta disuruh untuk menyaksikan makanan dambaan dengan pemikiran:

  • Mereka telah berasa benar-benar kenyang
  • Mereka dapat simpan poin untuk kelak
  • Mereka dikasih tahu mengenai resiko negatif dari makan itu

Bagaimanapun, pemikiran mempunyai imbas yang semakin lebih kuat dari yang kamu anggap. Jadi, tidak ada kelirunya untuk coba langkah ini.

Tambah beberapa makanan baru dan berlainan ke dalam kegiatan rutin

Merilis Healthline, makin beragam skema makanmu, makin kemungkinan kecil kamu akan jemu atau inginkan junk food. Misalkan, tambah sayur hijau baru ke salad, coba tipe ikan baru, coba buah yang tidak pernah kamu makan awalnya, dan anekaragamkan sumber karbohidrat sehari-harinya.

Kecuali kurangi kemauan pada junk food, tingkatkan keanekaragaman makanan dapat tingkatkan kesehatan keseluruhannya dan menolong penjagaan penyakit.

Kerjakan manajemen depresi

Nyaris ada selalu elemen emosional dibalik kemauan untuk makan junk food. Benar-benar, terkadang kamu inginkan makanan sebab kamu mencintai rasa-rasanya. Atau, gula darahmu sedang rendah dan kamu memerlukan dorongan energi dari makanan manis. Begitupun waktu depresi, kamu lebih condong ambil makanan merasa sedap di lidah.

Kamu perlu menilai bagaimana kamu makan atau minum selaku langkah untuk meredam hati atau mengubah perhatian. Kamu perlu latihan arahkan diri kita waktu rasakan dorongan untuk makan junk food sebab depresi.

Beberapa alat manajemen depresi yang sehat mencakup jalan-jalan di luar, yoga, meditasi, atau lakukan hal yang inovatif. Dengan melakukan eksperimen dan mendapati apa yang terhebat untukmu, ini akan menolong kamu menangani kemauan makan junk food yang didorong oleh depresi.

Dengan mengikut beberapa langkah simpel ini, kamu bisa memutuskan ketagihan junk food dan secara automatis jalani hidup yang lebih sehat.

Manjakan diri Anda di saat spesial.

Karena hanya Anda pengin stop konsumsi junk food, bukan bermakna Anda akan terlepas dari keadaan-situasi yang mewajibkan Anda untuk menyalahinya. Bila Anda mendatangi satu acara pesta pernikahan atau ulang tahun, diamkan diri Anda nikmati sepotong kue. Tidak apa-apa untuk kadang-kadang menganakemaskan diri Anda!

  • Anda seharusnya membuat “hari liburan” sepanjang sehari tiap minggunya hingga Anda bisa nikmati makanan favorite Anda. Tetapi, masih yakinkan jika Anda tidak makan terlalu berlebih sebab Anda akan berasa kurang nikmat tubuh di esok harinya.[13]

Banyak riset yang mengatakan jika junk food tidak bagus untuk kesehatan dan sanggup memacu bermacam jenis penyakit. Tapi bila Anda terhitung orang yang ketagihan junk food, coba baca panduan untuk kurangi suka itu sama seperti yang dikutip dari Health di bawah ini.

Tetapkan batas

Coba turunkan pesanan junk food saat Anda ke restaurant cepat sajian. Misalkan cuman pesan burger tiada soda. Bila telah terlatih, hentikan rutinitas makan junk food seutuhnya.

Ngemil sehat

Junk food membuat Anda masih berasa lapar. Bertambah baik ngemil makanan lain saja yang sehatkan. Misalkan buah-buahan fresh atau kacang-kacangan.

Mendapati alternatif

Dibanding beli junk food di restaurant cepat sajian, coba bikin makanan Anda sendiri. Misalnya, buat sandwich dari roti gandum, sayur, dan daging ayam tiada lemak.

Tentukan arah

Pengin mendatangi satu acara dan pengin tampil prima? Turunkan konsumsi junk food Anda. Dengan memutuskan arah, umumnya ketagihan akan konsumsi junk food pelan-pelan dapat menyusut.

Menghilangkan rutinitas jelek

Masih senang makan sekalian menonton TV? Bila iya, mulai saat ini tidak boleh demikian kembali. Karena riset mengatakan jika makan sekalian menonton TV membuat kita susah konsentrasi pada makanan. Hingga Anda juga tidak sadar telah habiskan jatah besar.

Janganlah minum alkohol

Apa hubungan alkohol dengan ketagihan junk food? Rupanya rutinitas minum alkohol jadi memperburuk penilaian Anda mengenai makanan. Hingga Anda condong makan semua tipe makanan, sekalinya sesungguhnya itu kurang sehat.

Tidur memadai

Jangan sampai kurangi pola tidur pada malam hari. Bila Anda sering kekurangan tidur, selera makan bertambah. Ketagihan pada junk food akan makin lebih buruk.