Tentang Kami

Manfaat Akupunktur Pada Tubuh adalah praktik pengobatan tradisional Tiongkok (TCM) yang berasal dari ribuan tahun yang lalu. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa penyumbatan atau gangguan aliran energi kehidupan tubuh, atau “qi”, dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Ahli akupunktur memasukkan jarum setipis rambut ke titik akupunktur tertentu di seluruh tubuh untuk memulihkan aliran qi, menyeimbangkan energi tubuh, merangsang penyembuhan, dan meningkatkan relaksasi.

Menurut teori TCM, ada lebih dari 1.000 titik akupunktur di tubuh, masing-masing terletak di saluran energi yang tidak terlihat, atau “meridian.” Setiap meridian berhubungan dengan sistem organ yang berbeda.

Bagaimana Akupunktur Bekerja?

Para peneliti tidak sepenuhnya memahami bagaimana akupunktur dapat bekerja, tetapi ada banyak teori. Satu teori adalah bahwa akupunktur bekerja dengan merangsang pelepasan endorfin, bahan kimia penghilang rasa sakit alami tubuh.

Akupunktur juga dikatakan mempengaruhi sistem saraf otonom (yang mengontrol fungsi tubuh) dan pelepasan bahan kimia yang mengatur aliran dan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menenangkan otak.

Pemakaian Akupuntur

Akupunktur dikatakan berguna dalam mengatasi berbagai kondisi kesehatan, termasuk:

  • Kegelisahan
  • Radang sendi
  • Sakit kronis (seperti sakit kepala, sakit punggung, sakit leher)
  • Depresi
  • Insomnia
  • Migrain
  • Mual
  • Linu panggul
  • Kemacetan sinus
  • Stres dan kecemasan
  • tinitus
  • Penurunan berat badan

Beberapa orang menggunakan akupunktur untuk meningkatkan kesuburan. Hal ini juga digunakan untuk berhenti merokok dan sebagai komponen pengobatan untuk kecanduan lainnya.

Akupunktur kosmetik, juga dikenal sebagai akupunktur wajah, digunakan untuk memperbaiki penampilan kulit.

Keuntungan bagi kesehatan

Berikut adalah beberapa temuan dari penelitian yang tersedia tentang manfaat akupunktur:

Nyeri punggung bawah

Untuk laporan yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine pada tahun 2017, para peneliti menganalisis uji coba yang diterbitkan sebelumnya tentang penggunaan terapi non-farmakologis (termasuk akupunktur) untuk nyeri punggung bawah.

Penulis laporan menemukan bahwa akupunktur dikaitkan dengan penurunan intensitas nyeri dan fungsi yang lebih baik segera setelah perawatan akupunktur, dibandingkan tanpa akupunktur.

Memperhatikan bahwa kekuatan buktinya rendah, penulis menemukan “bukti terbatas” bahwa akupunktur “cukup efektif untuk nyeri punggung bawah akut.”

Migrain

Dalam ulasan 2016 yang diterbitkan di Cochrane Database of Systematic Review, para ilmuwan meninjau 22 uji coba yang diterbitkan sebelumnya (melibatkan 4985 peserta). Dalam kesimpulan mereka, mereka menemukan bahwa menambahkan akupunktur untuk pengobatan gejala migrain dapat mengurangi frekuensi episode, namun ukuran efeknya kecil jika dibandingkan dengan pengobatan akupunktur palsu.

Sakit kepala tegang

Sebuah tinjauan tahun 2016 (melibatkan 12 percobaan dan 2349 peserta) menyarankan bahwa akupunktur yang melibatkan setidaknya enam sesi dapat membantu orang yang sering mengalami sakit kepala tegang.

Dalam dua penelitian, akupunktur yang ditambahkan ke perawatan atau pengobatan biasa pada onset sakit kepala saja (biasanya dengan obat pereda nyeri) menghasilkan penurunan frekuensi sakit kepala dibandingkan dengan perawatan biasa saja.

Para peneliti mencatat bahwa titik-titik tertentu yang digunakan selama perawatan mungkin memainkan peran yang kurang penting daripada yang diperkirakan sebelumnya dan bahwa banyak manfaatnya mungkin karena efek tusuk jarum.

Sakit lutut

Analisis studi yang diterbitkan sebelumnya menemukan bahwa akupunktur meningkatkan fungsi fisik dalam jangka pendek dan panjang pada orang dengan nyeri lutut kronis akibat osteoartritis, tetapi tampaknya hanya meredakan nyeri jangka pendek (hingga 13 minggu).

Tinjauan lain, yang diterbitkan dalam JAMA Surgery, menganalisis penelitian sebelumnya tentang intervensi non-farmakologis untuk manajemen nyeri setelah artroplasti lutut total dan menemukan bukti bahwa akupunktur menunda penggunaan obat opioid yang dikontrol pasien untuk menghilangkan rasa sakit.

Bagaimana Akupunktur Dilakukan

Sebelum janji awal, Anda akan diminta untuk melengkapi riwayat kesehatan. Ahli akupunktur memulai kunjungan dengan menanyakan tentang masalah kesehatan, pola makan, tidur, tingkat stres, dan kebiasaan gaya hidup Anda lainnya. Anda mungkin ditanya tentang emosi, nafsu makan, suka dan tidak suka makanan, dan respons terhadap perubahan suhu dan musim.

Selama kunjungan Anda, ahli akupunktur akan memeriksa penampilan Anda dengan cermat, memperhatikan warna kulit, suara, dan warna serta lapisan lidah Anda. Ia akan mengukur denyut nadi Anda pada tiga titik di setiap pergelangan tangan, dengan memperhatikan kekuatan, kualitas, dan ritme. Dalam pengobatan Tiongkok, lidah dan nadi dianggap mencerminkan kesehatan sistem organ dan meridian Anda.

Biasanya, akupunktur akan menggunakan enam hingga lebih dari 20 jarum kecil per perawatan (jumlah jarum tidak menunjukkan intensitas perawatan). Jarum sering dibiarkan selama 10 hingga 20 menit. Ahli
akupunktur dapat dengan lembut memutar jarum untuk efek tambahan.

Teknik Akupuntur Profesional

Ahli akupunktur Anda dapat menggunakan teknik tambahan selama sesi Anda termasuk:

  • Moksibusi: Juga dikenal sebagai “moxa,” moksibusi melibatkan penggunaan tongkat yang dipanaskan (terbuat dari tumbuh-tumbuhan kering) yang dipegang di dekat jarum akupunktur untuk menghangatkan dan merangsang titik akupunktur.
  • Bekam: Gelas atau cangkir silikon dioleskan ke kulit sehingga ada efek hisap. Dalam teori TCM, bekam digunakan untuk meredakan stagnasi qi dan darah.
  • Herbal: Ramuan Cina dapat diberikan dalam bentuk teh, pil, dan kapsul.
  • Elektroakupunktur: Perangkat listrik terhubung ke dua hingga empat jarum akupunktur, memberikan arus listrik lemah yang merangsang jarum akupunktur selama perawatan.
  • Akupunktur laser: Metode ini dikatakan dapat merangsang titik akupunktur tanpa menggunakan jarum.

Akupunktur telinga, juga dikenal sebagai akupunktur auricular, kadang-kadang digunakan selama perawatan untuk menurunkan berat badan, berhenti merokok, kecanduan, dan kecemasan.

Meskipun durasi sesi akupunktur dapat bervariasi dari beberapa menit hingga lebih dari satu jam, lama perawatan tipikal adalah 20 hingga 30 menit. Kunjungan awal dapat memakan waktu hingga 90 menit, termasuk waktu untuk asupan dan mengambil riwayat kesehatan Anda.

Setelah perawatan, beberapa orang merasa rileks (atau bahkan mengantuk), sementara yang lain merasa energik. Jika Anda mengalami gejala yang tidak biasa, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.